.

Jumat, 28 Desember 2012

LINGKUNGAN

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang eksplorasi dan proyek minyak dan gas bumi, PT.GAM-Bojonegoro selalu berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dalam setiap kegiatan usahanya. Selain berdasarkan regulasi perundang-undangan yang berlaku, sebagai wujud dari implementasi pengelolaan dan perlindungan lingkungan, PT.GAM-Bojonegoro mengeluarkan Komitmen Manajemen tentang Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan tanggal 10 Juni 2010 dengan tujuan untuk melindungi setiap orang, aset perusahaan, lingkungan dan komunitas sekitar dari potensial bahaya yang berhubungan dengan kegiatan PT.GAM-Bojonegoro.

Salah satu wujud pelaksanaan dari komitmen manajemen tersebut adalah menurunkan kadar H2S dalam vapor minyak mentah dengan menginjeksikan chemical kedalam minyak mentah di area pig launcher. Dengan menurunnya kadar H2S, memberikan bukti bahwa Perusahaan berkomitmen untuk menjaga keharmonisan dengan lingkungan dan kehidupan masyarakat setempat.

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang lingkungan, PT.GAM-Bojonegoro bersama masyarakat dan KOPASUS Kartasura Solo Jawa Tengah melakukan aksi kegiatan penanaman pohon dan berbagai kegiatan lainnya dalam pengelolaan lingkungan. PT.GAM-Bojonegoro juga melakukan berbagai macam efisiensi dalam penggunaan listrik dan energi dengan mengacu pada aturan yang tercantum dalam peraturan internal Breaktrough Project (BTP) dari HSE-Direktorat Umum PT.GAM-Bojonegoro Tahun 2011.

Untuk melindungi masyarakat secara luas dari dampak negatif kegiatan operasi, PT.GAM-Bojonegoro senantiasa melakukan secara konsisten kegiatan-kegiatan: a. Analisa Dampak Lingkungan dengan menerapkan RKL dan RPL. b. Penerapan persyaratan Proper untuk menekan tingkat pencemaran. c. Kegiatan rutin Management Walkthrought (MWT) setiap 3 bulan untuk memonitor aspek operasional dan HSE.