.

Kamis, 27 Desember 2012

Pendahuluan

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, Pertamina EP Cepu menyadari bahwa keberlanjutan bisnis perusahaan salah satunya bergantung pada adanya harmonisasi bisnis perusahaan dengan lingkungan hidup dan lingkungan sosial. Oleh karena itu, Pertamina EP Cepu sangat memandang penting konsep pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Untuk melaksanakan konsep pembangunan berkelanjutan tersebut, Pertamina EP Cepu menggunakan pendekatan bahwa pertumbuhan laba perusahaan (profit) harus sejalan dengan upaya menjaga kelangsungan lingkungan (planet) dan menjaga keseimbangan kehidupan sosial (people). Konsep tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) Pertamina EP Cepu berdasar kepada upaya harmonisasi ketiga hal tersebut.

Sejalan dengan perjalanan menjadi perusahaan kelas dunia dengan laba yang terus meningkat, Pertamina EP Cepu sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang di miliki negara, terus menjalankan komitmennya untuk menjadi perusahaan warga negara yang baik (good corporate citizenship) untuk bersama membangun kualitas kehidupan yang lebih baik dengan masyarakat dan lingkungan sosial di mana perusahaan tersebut berada.

Dengan pendekatan tripple bottom lines yang meliputi kinerja ekonomi (economic performance), kinerja lingkungan (environmental performance), dan kinerja sosial (social performance), diharapkan keberadaan Pertamina EP Cepu tidak hanya bermanfaat bagi para pemegang saham (shareholders), tetapi juga bagi pemangku kepentingan (stakeholders) yang lebih luas yaitu pegawai, konsumen, pemasok, masyarakat sekitar, negara dan lain-lain.